Jelaskan lembaga-lembaga Audit Sistem Informasi di Indonesia!
1. BPK RI
BPK RI didirikan tahun 1946 yang bertugas untuk melakukan
audit yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan negara dan tanggung jawab yang
dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga negara lain seperti
Bank Indonesia, BUMN, BUMD, Dewan Pelayanan Publik, dan lembaga lain yang
mengelola keuangan negara. BPK RI menyerahkan hasil audit kepada DPR, DPD, dan
DPRD sesua dengan kewnangan masing-masing.
2. Keuangan BPKP (Badan Pengawasan dan Pembangunan)
BPKP didirikan tahun 2006. BPKP bertugas mengendalikan
keuangan dan pengawasan pembangunan nasional serta meningkatkan pendapatan
negara dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengeluaran anggaran
pemerintah nasional dan regional. Tugas lain BPKP adalah mengevaluasi penerapan
sistem pengendalian internal untuk mendeteksi dan menghalangi korupsi, serta
menginvestigasi penyelewengan keuangan.
3. LPAI
Lembaga Pengembangan Auditor Internal adalah lembaga yang
concern terhadap pengembangan SDM bidang audit internal. Sebagai salah satu
divisi training dari Proesdeem Indonesia lembaga konsultan manajemen yang sejak
1995 memfokuskan kegiatannya pada pelatihan manajemen — LPÄI menyelenggarakan
pelatihan internal audit dan fraud audit secara lengkap,
terprogram-berkesinambungan, serta kurikulum berkualitas. Pelatihan yang
diselenggarakan oleh LPAI senantiasa dievaluasi dan diupdate — mengacu pada
perkembangan pengetahuan dan praktek bisnis paling mutakhir — dimana
benchmarknya adalah lembaga-lembaga internal audit dan fraud audit yang sudah
dikenal baik reputasinya di dunia.
4. Ikatan Audit Sistem Informasi Indonesia (IASII).
Ikatan Audit Sistem Informasi Indonesia (IASII) didirikan
pada 20 Mei 2014. Lembaga ini dibentuk oleh beberapa praktisi dari berbagai
universitas dan organisasi lainnya dibidang sistem informasi. Lembaga ini
memiliki tujuan yaitu untuk menghindari penyimpangan dalam penggunaan sistem
informasi yang semakin pesat di Indonesia. IASII bekerja sama dengan beberapa
lembaga lain seperti Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Information System Audit
and Control Association-Chapter Indonesia (ISACA), Institute of Internal
Auditor, Forum Komunikasi Satuan Pengawas Intern.
Information System Audit and Control Association (ISACA).
5. ISACA adalah suatu organisasi profesi internasional di
bidang tata kelola teknologi informasi yang didirikan di Amerika Serikat pada
tahun 1967. Awalnya dikenal dengan nama lengkap Information Systems Audit and
Control Association, saat ini ISACA hanya menggunakan akronimnya untuk
merefleksikan cakupan luasnya di bidang tata kelola teknologi informasi. ISACA
telah memiliki kurang lebih 70.000 anggot
Komentar
Posting Komentar