Langsung ke konten utama

Jenis-jenis Audit


Hasil gambar untuk audit

Jelaskan jenis-jenis Audit, seperti audit internal, audit system informasi, audit kecurangan (fraud), eksternal audit/audit keuangan, audit internal!

Audit Internal atau pemeriksaan internal adalah suatu kegiatan yang dibuat untuk menambah nilai serta meningkatkan organisasi secara independen. Audit internal sebagai perantara untuk meningkatkan keefektifitasan dan keefesienan suatu organisasi dengan menyediakan wawasan dan rekomendasi berdasarkan analisi dan dugaan yang bersumber dari data dan proses usaha. Para auditor internal dikenal sebagai karyawan yang dibentuk untuk melakukan audit internal.

Audit System Informasi adalah proses pengumpulan data dan dipindahkannya bukti untuk mengetahui serta menetapkan sistem aplikasi tersebut yang komputerisasi sudah diterapkan dan menerapkan sistem pengandalian internal yang sepadan. Audit sistem informasi merupakan gabungan dari berbagai macam ilmu antara lain traditional audit, manajemen sistem informasi, sistem informasi akutansi, ilmu komputer dan behavioral science.

Audit Kecurangan (Fraud) adalah suatu upaya yang mendeteksi dan mencegah kecurangan dalam transaksi-transaksi komersial. Untuk dapat melakukan audit kecurangan terhadap pembukuan dan transaksi komersial memerlukan gabungan dua keterampilan, yaitu sebagai auditor yang terlatih dan kriminal investigator. Farud Audit termasuk dalam audit khusus yang berbeda dengan audit umum terutama dalam hal tujuan yaitu fraud mempunyai tujuan yang lebih sempit dan cendrung untuk mengungkap suatu kecurangan diduga terjadi dalam pengelolaan aset.

Eksternal audit/ Audit Keuangan adalah adalah audit terpisah dari perusahaan yang disewa oleh perusahaan untuk memastikan bahwa laporan keuangan perusahaan yang disusun telah mengikuti prinsip-prinsip akutansi yang berlaku umum.

Audit Internal adalah karyawan perusahaan yang mengaudit berbagai segemen dari organisasi untuk memastikan bahwa para karyawan mematuhi kebijakan-kebijakan perusahaan dan operasi perusahaan berjalan efisien.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Animasi

ANIMASI Definisi Animasi Animasi berasal dari kata dalam khasanah bahasa inggris abad pertengahan. Kata dalam Middle English ,"animat" dan kata latin,"animatus" dianggap memiliki kaitan dengan "animasi".Kata ini berasosiasi dengan makna "terisi dengan napas atau udara, dipercepat,bergerak.Sesuai asal katanya, animasi merupakan suatu proses penciptaan gerakan yang kontinu, dan melibatkan ilusi perubahan bentuk. Animasi merupakan suatu gambar yang dapat bergerak,berasal dari kumpulan objek dan bergerak mengikuti alur sudah ditetapkan setiap waktu.Objek dapat berupa tulisan,gambar hewan,gambar tumbuh-tumbuhan,gambar manusia, dan lain-lain. Animasi merupakan grafika yang menampilkan gerakan secara berurutan dengan cepat sehingga objek dapat terihat hidup.Dengan perancangan yang benar maka alur pergerakan animasi akan menarik untuk ditoton.jika dalam dunia multimedia animasi merupakan cara menggunakan program pada komputer untuk menghasilkan

Standar dan Panduan untuk Audit Sistem Informasi

Jelaskan standar dan panduan untuk audit sistem informasi, seperti ISACA, IIACOSO dan ISO1799 ! 1. ISACA ISACA adalah suatu organisasi profesi internasional di bidang tata kelola teknologi informasi yang didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1967. Awalnya dikenal dengan nama lengkap Information Systems Audit and Control Association, saat ini ISACA hanya menggunakan akronimnya untuk merefleksikan cakupan luasnya di bidang tata kelola teknologi informasi. ISACA telah memiliki kurang lebih 70.000 anggota yang tersebar di 140 negara. Anggota ISACA terdiri dari antara lain auditor sistem informasi, konsultan, pengajar, profesional keamanan sistem informasi, pembuat perundangan, CIO, serta auditor internal. Jaringan ISACA terdiri dari sekitar 170 cabang yang berada di lebih dari 60 negara, termasuk di Indonesia. 2. IIA COSO  Committe of  Sponsoring Organizations of the Treadway Commission , atau disingkat COSO, adalah suatu inisiatif dari sektor swasta yang dibentuk pada tahu