Langsung ke konten utama

Rangkuman 1 dan 2


Desain Grafis

Desain Grafis adalah media komunikasi visual yang berbentuk gambar digunakan untuk penyampaian informasi atau pesan yang efektif. Desain grafis terdiri dari 2 kata yaitu desain dan grafis, kata desain memiliki arti proses atau perbuatan yang mengatur segala sesuatu sebelum merancang. Grafis memiliki arti titik atau sebuah garis yang berhubungan dengan cetak mencetak.
Desain grafis merupakan kombinasi antara elemen grafis seperti bentuk, garis, warna, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran dari seseorang untuk bisa menggabungkan elemen grafis ini .
Seorang desainer grafis mempunyai tujuan yaitu sebagai pemecah masalah. Desiner grafis harus mampu membuat orang lain mengerti pesan apa yang ingin disampaikan melalui visual yang dihasilkan. 
Sehingga pesan dapat mudah dimengerti.
Batas Media 
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. 

Perkembangan Desain Grafis 

Sejarah awal 

sejarah desain grafis dapat diketahui dari jejak peninggalan manusia dalam bentuk lambang grafis dan simbol yang berwujud gambar atau tulisan.

Sejarah Era Cetak

Pada saat teknologi cetak belum ditemukan, sebuah buku harus ditulis tangan,untuk melakukan penyalinan sebuah buku dapat memakan waktu berbulan-bulan. Untuk memenuhi kebutuhan penyalinan buku yang semakin meningkat serta untuk mempercepat kerja penyalinan, maka lahirlah Blacklatter Script.
Desain grafis berkembang dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Pada tahun 1447 Johannes Gutenberg(1398-1468) menumakan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman. Tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust dibantu oleh Peter Schoffer untuk mencetak latin bible atau disebut Guterberg Bible yg diselesaikan pada tahun 1456, temuan Gutenberg telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman. Pada perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Berbeda dengan mesin cetak Guterberg yang memanfaatkan teknik cetak tinggi, teknik cetak lithografi menggunakan teknik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara air dengan minyak.Sehingga masa ini mendukung pesatnya perkembangan seni poster. Desain grafis mengalami perkembangan pesat setelah ditemukannya.

Kategori Desain Grafis

1. Printing

Proses industri untuk memproduksi massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta diatas kertas menggunakan sebuah mesin cuci cetak. Printing sendiri berisi buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flayer, pamflet, periklanan , dan publikasi lain yang sejenis dalam bentuk cetak.

2. Web Desain
Berupa hypertext atau hypermedia yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web. Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web / server. Jadi web desain merupakan desain yang digunakan untuk membuat web. 

3.  Film
Desain grafis yang berkaitan dengan industri perfilman dan TV mencakup beberapa kegiatan antara lain, konsep visual, story board,title & credits. spesail effect, stage design , sampai ke matero promosi. berupa spanduk, poster film, iklan dan juga materi hasil produksi berupa VCD atau DVD fari film tersebut. 

4. EGD (Environmental Graphic Design), Identifikasi (Logo)

Ke-2 bagian (EGD serta Logo) adalah design profesional yang meliputi design grafis, design arsitek, design industri serta arsitek taman.


5.  Desain Produk

Desain produk bisa disebut juga sebagai Industrial Design yang merupakan bidang ilmu dalam perencanaan dan perancangan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sebuah karya desain dianggap sebagai kekayaan intelektual karena merupakan hasil buah pikiran dan kreatifitas dari pendesainnya. 

Definisi Animasi

Animasi berasal dari kata dalam khasanah bahasa inggris abad pertengahan. Kata dalam Middle English ,"animat" dan kata latin,"animatus" dianggap memiliki kaitan dengan "animasi".Kata ini berasosiasi dengan makna "terisi dengan napas atau udara, dipercepat,bergerak.Sesuai asal katanya, animasi merupakan suatu proses penciptaan gerakan yang kontinu, dan melibatkan ilusi perubahan bentuk. Animasi merupakan suatu gambar yang dapat bergerak,berasal dari kumpulan objek dan bergerak mengikuti alur sudah ditetapkan setiap waktu.Objek dapat berupa tulisan,gambar hewan,gambar tumbuh-tumbuhan,gambar manusia, dan lain-lain. Orang yang membuat animasi dikenal dengan sebutan animator.

Prinsip Animasi

Squash and Stretch
Squah and stretch merupakan kegiatan untuk bergerak secara fleksibel seperti benda yang dihempaskan dan kemudia di renggangkan.Contoh bola memantul ketika menghempaskan bola maka itu merupakan gerakan squash sewaktu menyentuh tanah dan kemudian meregang sebelum bola tersebut kembali memantul ke atas.
Anticipation
Anticipation adalah sebuah prinsip animasi dimana animator memberi tanda kepada penonton mengenai apa yang akan dilakukan oleh si karakter.
Staging
merupakan tahap pengaturan suatu set adegan,posisi kamera atau pose suatu karakter sehingga adegan tersebut menjadi mudah dimengerti oleh penonton.
Slow in & Slow out
slown in dan slow out merupakan gerakan perlambatan yang terjadi pada awal dan akhir suatu animasi.
Archs
archs ini akan membuat gerakan animasi kita menjadi lebih alami,khususnya untuk gerakan manusia dan hewan.
Secondary Action
secondary action adalah prinsip dimana ada gerakan sekunder yang terjadi akibat adanya gerakan utama.
Timing
timing ditentukan dari jumlah frame in between yang ada diantara gerakan suatu benda atau karakter.
Solid Drawing
Adalah kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai angle sehingga karakter tersebut terlihat 3D
Appeal
appeal merupakan penampakan dari sebuah karakter yang terlihat mempunyai karisma tersendiri dan menarik untuk dilihat.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis Audit

Jelaskan jenis-jenis Audit, seperti audit internal, audit system informasi, audit kecurangan (fraud), eksternal audit/audit keuangan, audit internal! Audit Internal atau pemeriksaan internal adalah suatu kegiatan yang dibuat untuk menambah nilai serta meningkatkan organisasi secara independen. Audit internal sebagai perantara untuk meningkatkan keefektifitasan dan keefesienan suatu organisasi dengan menyediakan wawasan dan rekomendasi berdasarkan analisi dan dugaan yang bersumber dari data dan proses usaha. Para auditor internal dikenal sebagai karyawan yang dibentuk untuk melakukan audit internal. Audit System Informasi adalah proses pengumpulan data dan dipindahkannya bukti untuk mengetahui serta menetapkan sistem aplikasi tersebut yang komputerisasi sudah diterapkan dan menerapkan sistem pengandalian internal yang sepadan.  Audit sistem informasi merupakan gabungan dari berbagai macam ilmu antara lain traditional audit, manajemen sistem informasi, sistem informa

Definisi Animasi

ANIMASI Definisi Animasi Animasi berasal dari kata dalam khasanah bahasa inggris abad pertengahan. Kata dalam Middle English ,"animat" dan kata latin,"animatus" dianggap memiliki kaitan dengan "animasi".Kata ini berasosiasi dengan makna "terisi dengan napas atau udara, dipercepat,bergerak.Sesuai asal katanya, animasi merupakan suatu proses penciptaan gerakan yang kontinu, dan melibatkan ilusi perubahan bentuk. Animasi merupakan suatu gambar yang dapat bergerak,berasal dari kumpulan objek dan bergerak mengikuti alur sudah ditetapkan setiap waktu.Objek dapat berupa tulisan,gambar hewan,gambar tumbuh-tumbuhan,gambar manusia, dan lain-lain. Animasi merupakan grafika yang menampilkan gerakan secara berurutan dengan cepat sehingga objek dapat terihat hidup.Dengan perancangan yang benar maka alur pergerakan animasi akan menarik untuk ditoton.jika dalam dunia multimedia animasi merupakan cara menggunakan program pada komputer untuk menghasilkan

Standar dan Panduan untuk Audit Sistem Informasi

Jelaskan standar dan panduan untuk audit sistem informasi, seperti ISACA, IIACOSO dan ISO1799 ! 1. ISACA ISACA adalah suatu organisasi profesi internasional di bidang tata kelola teknologi informasi yang didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1967. Awalnya dikenal dengan nama lengkap Information Systems Audit and Control Association, saat ini ISACA hanya menggunakan akronimnya untuk merefleksikan cakupan luasnya di bidang tata kelola teknologi informasi. ISACA telah memiliki kurang lebih 70.000 anggota yang tersebar di 140 negara. Anggota ISACA terdiri dari antara lain auditor sistem informasi, konsultan, pengajar, profesional keamanan sistem informasi, pembuat perundangan, CIO, serta auditor internal. Jaringan ISACA terdiri dari sekitar 170 cabang yang berada di lebih dari 60 negara, termasuk di Indonesia. 2. IIA COSO  Committe of  Sponsoring Organizations of the Treadway Commission , atau disingkat COSO, adalah suatu inisiatif dari sektor swasta yang dibentuk pada tahu