Desain Grafis
Desain Grafis adalah media komunikasi visual yang berbentuk gambar digunakan untuk penyampaian informasi atau pesan yang efektif. Desain grafis terdiri dari 2 kata yaitu desain dan grafis, kata desain memiliki arti proses atau perbuatan yang mengatur segala sesuatu sebelum merancang. Grafis memiliki arti titik atau sebuah garis yang berhubungan dengan cetak mencetak.Desain grafis merupakan kombinasi antara elemen grafis seperti bentuk, garis, warna, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran dari seseorang untuk bisa menggabungkan elemen grafis ini .
Seorang desainer grafis mempunyai tujuan yaitu sebagai pemecah masalah. Desiner grafis harus mampu membuat orang lain mengerti pesan apa yang ingin disampaikan melalui visual yang dihasilkan.
Sehingga pesan dapat mudah dimengerti.
Batas Media
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur.
Perkembangan Desain Grafis
Sejarah awal
sejarah desain grafis dapat diketahui dari jejak peninggalan manusia dalam bentuk lambang grafis dan simbol yang berwujud gambar atau tulisan.
Sejarah Era Cetak
Pada saat teknologi cetak belum ditemukan, sebuah buku harus ditulis tangan,untuk melakukan penyalinan sebuah buku dapat memakan waktu berbulan-bulan. Untuk memenuhi kebutuhan penyalinan buku yang semakin meningkat serta untuk mempercepat kerja penyalinan, maka lahirlah Blacklatter Script.
Desain grafis berkembang dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Pada tahun 1447 Johannes Gutenberg(1398-1468) menumakan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman. Tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust dibantu oleh Peter Schoffer untuk mencetak latin bible atau disebut Guterberg Bible yg diselesaikan pada tahun 1456, temuan Gutenberg telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman. Pada perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Berbeda dengan mesin cetak Guterberg yang memanfaatkan teknik cetak tinggi, teknik cetak lithografi menggunakan teknik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara air dengan minyak.Sehingga masa ini mendukung pesatnya perkembangan seni poster. Desain grafis mengalami perkembangan pesat setelah ditemukannya.
Kategori Desain Grafis
1. Printing
Proses industri untuk memproduksi massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta diatas kertas menggunakan sebuah mesin cuci cetak. Printing sendiri berisi buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flayer, pamflet, periklanan , dan publikasi lain yang sejenis dalam bentuk cetak.
2. Web Desain
Berupa hypertext atau hypermedia yang dikirimkan ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web. Tujuan dari web design adalah untuk membuat website—sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web / server. Jadi web desain merupakan desain yang digunakan untuk membuat web.
3. Film
Desain grafis yang berkaitan dengan industri perfilman dan TV mencakup beberapa kegiatan antara lain, konsep visual, story board,title & credits. spesail effect, stage design , sampai ke matero promosi. berupa spanduk, poster film, iklan dan juga materi hasil produksi berupa VCD atau DVD fari film tersebut.
4. EGD (Environmental Graphic Design), Identifikasi (Logo)
Ke-2 bagian (EGD serta Logo) adalah design profesional yang meliputi design grafis, design arsitek, design industri serta arsitek taman.
5. Desain Produk
Desain produk bisa disebut juga sebagai Industrial Design yang merupakan bidang ilmu dalam perencanaan dan perancangan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sebuah karya desain dianggap sebagai kekayaan intelektual karena merupakan hasil buah pikiran dan kreatifitas dari pendesainnya.
Definisi Animasi
Animasi berasal dari kata dalam khasanah bahasa inggris abad pertengahan. Kata dalam Middle English ,"animat" dan kata latin,"animatus" dianggap memiliki kaitan dengan "animasi".Kata ini berasosiasi dengan makna "terisi dengan napas atau udara, dipercepat,bergerak.Sesuai asal katanya, animasi merupakan suatu proses penciptaan gerakan yang kontinu, dan melibatkan ilusi perubahan bentuk. Animasi merupakan suatu gambar yang dapat bergerak,berasal dari kumpulan objek dan bergerak mengikuti alur sudah ditetapkan setiap waktu.Objek dapat berupa tulisan,gambar hewan,gambar tumbuh-tumbuhan,gambar manusia, dan lain-lain. Orang yang membuat animasi dikenal dengan sebutan animator.
Prinsip Animasi
Squash and Stretch
Squah and stretch merupakan kegiatan untuk bergerak secara fleksibel seperti benda yang dihempaskan dan kemudia di renggangkan.Contoh bola memantul ketika menghempaskan bola maka itu merupakan gerakan squash sewaktu menyentuh tanah dan kemudian meregang sebelum bola tersebut kembali memantul ke atas.
Anticipation
Anticipation adalah sebuah prinsip animasi dimana animator memberi tanda kepada penonton mengenai apa yang akan dilakukan oleh si karakter.
Staging
merupakan tahap pengaturan suatu set adegan,posisi kamera atau pose suatu karakter sehingga adegan tersebut menjadi mudah dimengerti oleh penonton.
Slow in & Slow out
slown in dan slow out merupakan gerakan perlambatan yang terjadi pada awal dan akhir suatu animasi.
Archs
archs ini akan membuat gerakan animasi kita menjadi lebih alami,khususnya untuk gerakan manusia dan hewan.
Secondary Action
secondary action adalah prinsip dimana ada gerakan sekunder yang terjadi akibat adanya gerakan utama.
Timing
timing ditentukan dari jumlah frame in between yang ada diantara gerakan suatu benda atau karakter.
Solid Drawing
Adalah kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai angle sehingga karakter tersebut terlihat 3D
Appeal
appeal merupakan penampakan dari sebuah karakter yang terlihat mempunyai karisma tersendiri dan menarik untuk dilihat.
Staging
merupakan tahap pengaturan suatu set adegan,posisi kamera atau pose suatu karakter sehingga adegan tersebut menjadi mudah dimengerti oleh penonton.
Slow in & Slow out
slown in dan slow out merupakan gerakan perlambatan yang terjadi pada awal dan akhir suatu animasi.
Archs
archs ini akan membuat gerakan animasi kita menjadi lebih alami,khususnya untuk gerakan manusia dan hewan.
Secondary Action
secondary action adalah prinsip dimana ada gerakan sekunder yang terjadi akibat adanya gerakan utama.
Timing
timing ditentukan dari jumlah frame in between yang ada diantara gerakan suatu benda atau karakter.
Solid Drawing
Adalah kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai angle sehingga karakter tersebut terlihat 3D
Appeal
appeal merupakan penampakan dari sebuah karakter yang terlihat mempunyai karisma tersendiri dan menarik untuk dilihat.
Komentar
Posting Komentar