ANIMASI
Definisi Animasi
Animasi berasal dari kata dalam khasanah bahasa inggris abad pertengahan. Kata dalam Middle English ,"animat" dan kata latin,"animatus" dianggap memiliki kaitan dengan "animasi".Kata ini berasosiasi dengan makna "terisi dengan napas atau udara, dipercepat,bergerak.Sesuai asal katanya, animasi merupakan suatu proses penciptaan gerakan yang kontinu, dan melibatkan ilusi perubahan bentuk. Animasi merupakan suatu gambar yang dapat bergerak,berasal dari kumpulan objek dan bergerak mengikuti alur sudah ditetapkan setiap waktu.Objek dapat berupa tulisan,gambar hewan,gambar tumbuh-tumbuhan,gambar manusia, dan lain-lain. Animasi merupakan grafika yang menampilkan gerakan secara berurutan dengan cepat sehingga objek dapat terihat hidup.Dengan perancangan yang benar maka alur pergerakan animasi akan menarik untuk ditoton.jika dalam dunia multimedia animasi merupakan cara menggunakan program pada komputer untuk menghasilkan gerak suatu objek pda layar.Orang yang membuat animasi dikenal dengan sebutan animator.Cara membuat ilusi ini adalah dengan menggunakan gambar statis yang dibuat sedemikian rupa agar menampilkan sebuah sekuens atau rangkaian yang urut. Makin halus animasi, makin banyak gambar statis.
Prinsip Animasi(Sebutkan dan Jelaskan)
1. Squash and Stretch
Squah and stretch merupakan kegiatan untuk bergerak secara fleksibel seperti benda yang dihempaskan dan kemudia di renggangkan,sebuah prinsip yang digunakan untuk membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda.Jika ada benda yang empuk saat menghantam benda lain dengan keras akan berubah bentuknya sementara sebelum akhirnya bisa kebentuk semula,beda dengan benda yang permukaannya keras ketika menghantam benda lain bentuknya akan tetap dan tidak berubah. Squah and stretch ini mbisa membuat emosi agar bisa lebih dirasakan oleh penonton. Bahkan dalam animasi realis pun,prinsip ini juga tetap dipakai karena prinsip ini juga berlaku di dunia nyata. Contoh bola memantul ketika menghempaskan bola maka itu merupakan gerakan squash sewaktu menyentuh tanah dan kemudian meregang sebelum bola tersebut kembali memantul ke atas.
2. Anticipation
Anticipation adalah sebuah prinsip animasi dimana animator memberi tanda kepada penonton mengenai apa yang akan dilakukan oleh si karakter.Animasi ini biasa digunakan sebagai transisi dari dua major, misal sebelum seorang meloncat atau berlari.
3.Staging merupakan tahap pengaturan suatu set adegan,posisi kamera atau pose suatu karakter sehingga adegan tersebut menjadi mudah dimengerti oleh penonton.Director harus memastikan bahwa ide cerita dari setiap detail penampilan harus tersampaikan dengan sempurana pada penonton. Hal ini berarti kita harus memastikan bahwa setiap gerakan,ekspresi dan mood dari si karakter harus terlihat jelas dan tidak disalahartikan.
4.Straight ahead and pose to pose
Terdapat 2 pendekatan umum yang biasa digunakan dalam menganimasikan yaitu Straight Ahead dan pose to pose.
Straight Ahead
merupakan gerakan secara berkesinambungan mulai dari awal tanpa banyak perencanaan akan menjadi apa akhir gerakannya nanti. Gerakan ini merupakan gerakan spontan serta kreatif dan muncul seiring proses pembuatan gerakan yang dilakukan secara berkesinambungan. Metode gambar yang digunakan dengan menggambar secara berurutan, dari gambar pertama,kedua,ketiga dan seterusnya.
Pose to pose
Gerakan ini sudah diplanning terlebih dahulu.Jadi,animator telah menyiapkan gerakan-gerakan utama(key pose),kemudia setelah semuanya oke, dia baru melanjutkan dengan detail gerakan diantara(in-between)masing-masng key pose itu.
5. Follow Thorough And Overlapping Action
Follow through merupakan tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak mesikpun seseorang telah berhenti bergerak.Konsep dari ini adalah benda-benda yang saling berhubungan,tidak pernah bergerak bersamaan.Ketika ada 1 benda yang menjadi lead(benda utama yang bergerak). maka semua benda yang tersambung dengan benda lead ini akan ikut bergerak tapi tidak secara bersamaan. Misalkan rambut yang tetap bergerak sesaat setelah berhenti berlari.
Overlapping action
Overlapping action memberikan konsep dimana kedua benda harus benar-benar tersambung sehingga akhirnya bisa bergerak. Dalam overlapping action, ada 2 benda yang gerakannya sama, tapi waktunya tidak sama yaitu 1 benda bergerak dahulu kemudia diikuti gerakan benda yang lain.
6. Slow in & Slow out
slown in dan slow out merupakan gerakan perlambatan yang terjadi pada awal dan akhir suatu animasi. Gerakan perlambatan ini memberi variasi pada gerakan animasi ketimbang tidak ada perlambatan sama sekali.
Animasi yang tidak ada perlambatan diawal dan akhir animasinya akan terkesan sangat kaku.
7. Archs
archs ini akan membuat gerakan animasi kita menjadi lebih alami,khususnya untuk gerakan manusia dan hewan. Semua gerakan tangan,kaki,memutar kepala, dan gerakan bola mata semuanya dilakukan dengan mengkuti sebuah kurva. Prinsip ini biasanya diaplikasikan pada saat kita membuat inbetweening. Dengan Arcs, kita bisa membuat dimensi pada gerakan animasi kita.
8. Secondary Action
secondary action adalah prinsip dimana ada gerakan sekunder yang terjadi akibat adanya gerakan utama. Secondary ini merupakan gerakan tambahan yang terjadi untuk melengkapi dan tidak mengambil alih performa dari gerakan utama.
9. Timing
timing ditentukan dari jumlah frame in between yang ada diantara gerakan suatu benda atau karakter. Semakin cepat sedikit jumlah frame maka gerakan menjadi semakin cepat, sebaliknya semakin banyak jumlah frame yang ada maka gerakan menjadi lebih lambat. Gerakan dengan timing yang cepat dan lambat masing-masing akan memberikan cerita yang berbeda.
10. Solid Drawing
Adalah kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai angle sehingga karakter tersebut terlihat 3D dan konsisten dalam setiap frame animasi. Pada animasi 3D, solid drawing berarti memberikan kesimbangan pada pose dengan tujuan untuk mencari pose siluet yang terbaik (terlihat lebih mempunyai berat dan volume).
11. Exaggeration
Exaggeration merupakan gerakan atau ekspresi yang dilebihkan dari yang biasanya untuk mendapatkan kesan animasi yang lebih meyakinkan.Salah satu kekuatan medium animasi.Pada intinya melebih-lebihkan action, ekspresi atau apapun dalam animasi kita sehingga terlihat lebih menarik dan lebih cartoon.
12. Appeal
appeal merupakan penampakan dari sebuah karakter yang terlihat mempunyai karisma tersendiri dan menarik untuk dilihat.
Sumber:
http://www.pengertianku.net/2017/10/pengertian-animasi-dan-jenisnya-serta-prinsipnya.html
http://animenia-diary.blogspot.com/2014/03/prinsip-dasar-animasi.html
http://www.dapoeranimasi.com/12-prinsip-animasi/
https://informasimapenda.blogspot.com/2014/12/prinsip-prinsip-dasar-animasi-dan.html
Komentar
Posting Komentar